Rubrik | Pendidikan

Peduli Pendidikan Anak Usia Dini, Pemkot Gelar Seminar Sehari

23 Juli 2009

Ambon – Humas, Dalam rangka menyongsong peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh tanggal 23 Juli 2009, Pemerintah kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pendidikan meyelenggarakan seminar sehari dengan tema “Efektifitas Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Ambon”, pada Rabu (22/7) di Ruang Rapat Balai Kota Ambon.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon Dr. H.J Huliselan/ T, M.Kes, dan dihadiri oleh 65 peserta yang terdiri dari para pimpinan SKPD di lingkup Pemkot Ambon, pengelola PAUD, perwakilan dari tiap desa/ kelurahan yang merupakan kalangan pecinta dan pemerhati pendidikan anak ada di kota Ambon

Dalam sambutannya dihadapan seluruh peserta seminar, Sekkot menjelaskan bahwa mencerdaskan kehidupan bangsa adalah cita – cita bangsa yang tercantum dalam Undang – Undang dasar oleh karena itu merupakan tugas semua pihak untuk dapat mewujudkannya, bukan hanya tugas pemerintah semata. Cita – cita tersebut tidak akan terwujud jika tidak didukung oleh pendidikan yang baik terhadap anak bahkan sejak masih dalam kandungan.

Sample Image“Agar tumbuh menjadi anak yang cerdas, maka harus dilakukan sejak anak dalam kandungan. Kita tidak perlu memikirkan sejak kapan otak anak mulai berkembang, yang penting sejak ia ada dalam kandungan maka tugas kita menjadikannya cerdas, oleh karenanya itu bukan hanya menjadi tugas pemerintah melalui dinas – dinas terkait tetapi hendaknya menjadi tugas kita semua,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, sejak dari lahirnya hingga usia awal sekolah merupakan masa – masa sulit bagi anak yang ditandai dengan rasa ingin tahu yang besar,sebab itu harus segera diisi dengan pendidikan dan pola asuh yang baik dari keluarga dan lingkungan sekitarnya. Hal ini akan membawa pengaruh bagi anak hingga sang anak dewasa.

“Anak diusia 0 hingga 6 tahun selalu bertanya kepada orang tua, jika orang tua sering membohongi anak, maka ia akan tumbuh menjadi orang yang juga suka berbohong. Jadi usia ini sangat rawan bagi anak, pengaruh dari orang tua dan lingkungan, entah itu baik ataupun buruk akan menentukan bagaimana ia hidup pada saat dewasa nanti. Betapa besar pengaruh lingkungan bagi anak - anak” tegas Huliselan.

Sekkot mengaku bahwa, Pemkot saat ini sangat mendukung tumbuhnya lembaga PAUD di kota Ambon, yang pendidikannya berorientasi pada permainan, karena memang anak – anak usia dini perlu bermain. Untuk itu dalam menyongsong Hari Anak Nasional tahun ini pemkot merasa perlu untuk memperhatikan efektifitas penyelenggaraan PAUD agar ketika seorang anak mentas dari sana, dan memasuki dunia pendidikan formal maka ia sudah pasti memiliki bekal pendidikan yang lebih baik.

“Sudah terbukti bahwa anak – anak lulusan Taman kanak - kanak yang masuk Sekolah Dasar memiliki kemampuan yang lebih baik dari anak yang tidak pernah mengecap bangku Taman Kanak Kanak, apalagi anak yang sudah dididik dalam PAUD, tentunya kemampuan mereka akan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Diharapkan, seminar sehari ini akan menjadi ajang diskusi yang membangun untuk memperluas wawasan para pemerhati pendidikan anak serta memberikan masukan yang berarti bagi Pemkot guna memperbaiki kualitas pendidikan anak usia dini, sehingga anak – anak di kota Ambon akan tumbuh menjadi anak – anak yang cerdas dan memiliki perilaku yang baik.(*)

1 Komentar untuk tulisan ini

  1. Florenge Ely says:

    kegiatan seminar ini sangat bagus mengingat begitu banyak kelompok PAUD yang berkembang dan menjamur akhir-akhir ini di Maluku dan khususnya kota Ambon, untuk itu dalam seminat diharapkan materi-materi yang disajikan dapat menjawab kebutuhan lapangan dan kalau boleh disertai pelatihan bagi tenaga pengajar……misalnya pelatihan guru kreatif, dan sebagainya yang dapat membantu guru untuk lebih kreatif dalam merancang pembelajaran dan mengablikasikan itu bagi anak lewat metode belajar sambil bermain..

Tuliskan Komentar Anda